Ketua DPRD Sumut: Petugas Transportasi jangan Abaikan Standar Pelayanan

libur Natal dan tahun baru

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting meminta petugas transportasi yang bekerja selama libur Natal dan Tahun Baru 2020 harus sabar dan ramah dalam melayani masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman.

Sebab, sudah menjadi kewajiban petugas melayani pengguna jasa transportasi baik darat, udara dan laut dengan ramah.

Menurut politisi PDIP ini, semua warga harus mendapatkan standar pelayanan terbaik, agar dapat menempuh perjalanan saat mudik maupun balik ke rumahnya masing-masing pasca-libur Natal dan Tahun Baru 2020 nanti. “Mengenai pelayanan, petugas harus siap sabar. Dan selalu ramah dalam melayani masyarakat,” ungkapnya, Senin (23/12/2019).

Dia juga minta seluruh manajemen bandara, terminal maupun pelabuhan untuk memperhatikan sarana dan prasarana seperti kamar mandi dan sebagainya. “Sehingga nyaman untuk penumpang, khususnya bagi anak-anak. Air di kamar mandi juga harus tersedia. Kebanyakan kamar mandi ada, air tak ada,” ungkapnya.

Standar Pelayanan

Kemudian, kata Baskami Ginting, Kementerian Perhubungan RI harus melakukan pengawasan dan melakukan supervisi terhadap KM, terkait prosedur pelayanan kepada penumpang. “Tentu pelaku atau manajemen transportasi tidak boleh mengabaikan standar pelayanan,” imbuhnya.

Menurutnya, kebijakan pemerintah untuk membuat pelayanan yang prima di sektor transportasi jangan hanya isapan jempol semata. Jika jadwal dan sikap petugas masih melakukan praktek arogan pada masa lalu yang tidak ramah pada penumpang, dia menyarankan, pemerintah khususnya kementerian teknis harus memikirkan dan memperbaiki semua itu. Transportasi merupakan urat nadi pembangunan ekonomi nasional, oleh karenanya harus baik.

“Infrastruktur transportasi laut, seperti pelabuhan, kapal dan jaringan serta SDM pendukungnya harus dibangun sebaik mungkin. Semua itu seharusnya menjadi basis negara maritim seperti Indonesia. Jika digarap secara profesional, bisa menjadi titik poin untuk kebangkitan dan kejayaan ekonomi Indonesia,” tambahnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment